Kamis, 05 November 2009

rangkuman seni musik bab 1 buku terbitan esis tentang musik nusantara

Rangkuman Seni Musik

Bab 1 : Musik Nusantara

Ciri keindonesian itu tampak dalam bahasa dan gaya melodinya.

Musik tradisi daerah, music keroncong, musik dangdut, musik langgam, musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop yang menunjukkan ciri keindonesiaan itulah yang disebut musik Indonesia atau musik nusantara.

Musik nusantara adalah seluruh musik yang berkembang di nusantara ini, yang menunjukkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasa maupun gaya melodinya.

Sejarah musik Indonesia adalah : masa sebelum dan sesudah masuknya pengaruh Hindu - Budha, masa setelah masuknya pengaruh Islam, masa kolonialisme, masa kini.

Berkembang pula jenis yang memadukan unsur kedaerahan Indonesia dengan unsur barat, terutama alat - alat musiknya. Jenis musik ini sering disebut musik etnis.

Fungsi musik nusantara : sarana upacara budaya ( ritual ), sarana hiburan, sarana ekspresi diri, sarana komunikasi, pengiring tarian, sarana ekonomi.

Ragam musik nusantara :

• Musik daerah, dengan beberapa tokoh seperti : Daeng Sutigna dan Imam Sukayat ; Ki Hajar Dewantara dan Ki Nartosabdo ; Makarius Arus ; Nahum Situmorang dan S. Dis ; Djoko S. Contoh lagunya adalah Merindukan Ambonia dari Maluku.

• Musik keroncong, diperkirakan berasal dari Portugis dan dibawa ke Indonesia pada abad ke - 16. Contoh lagunya adalah Bengawan Solo ciptaan Gesang, 1940. Instrumen yang digunakan adalah gitar melodi, bas, selo, ukulele, cak, biola, seruling / flute. Para musisi keroncong adalah Gesang, Mus Mulyadi, Kelly Puspito, Hardiman, Sunarno, dan Mardjo Kahar.

• Musik dangdut, perpaduan antara musik India dan Melayu. Tabla adalah alat musik khas dangdut, sejenis alat perkusi yang menghasilkan bunyi ndut. Para musisi dangdut Indonesia antara lain adalah : Rhoma Irama, Meggy Z, A. Rafiq, Mansyur S, Elvi Sukaesih, Ikke Nurjanah, Annisa Bahar, Ira Swara, Nita Thalia, dan Erie Susan. Contoh lagu dangdut adalah Jangan Pegang Dulu ciptaan Rhoma Irama.

• Musik populer, sangat dipengaruhi oleh barat. Ciri musik ini adalah penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass. Umumnya musik ini dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu musik pop anak - anak dan dewasa. Contoh lagunya adalah Aku Bukan Pilihan ciptaan Pongki yang dinyanyikan Iwan Fals.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar